DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Wujudkan Pelayanan Publik yang Prima di Jakarta

Kamis,12 Oktober 2017

 

SONORA.CO.ID - Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan bagi warga Jakarta, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta akan berkantor ke lokasi baru yakni di Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta yang terletak di JI. HR. Rasuna Said Kav. C 22, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta SeIatan. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala DPMPTSP Provinsi EdyJunaedi.

”Pembentukan Mal Pelayanan Publik (MPP)Provinsi DKI Jakarta merupakan tindak lanjut dari Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2017. Sebagai bentuk peningkatan kualitas pelayanan publik secara berkelanjutan daIam upaya menyelenggarakan pelayanan publik yang cepat, mudah, terjangkau, aman, dan nyaman dengan pengintegrasian pelayanan publik” ujar Edy.

Pembentukan Mal Pelayanan Publik di Provinsi DKI Jakarta merupakan hasil kolaborasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia bersama unit-unit pIayanan publik lainnya di Jakarta baik Pusat, Daerah, BUMN, BUMD dan swasta lainnya.

”Sudah satu bulan terakhir, DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta dan Kementerian Demberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia bersama unit-unit pelayanan publik pemerintah Pusat, Daerah, BUMN, BUMD dan swasta lainnya yang ada di Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta telah melakukan berbagai upaya daIam menyamakan persepsi untuk memberikan pelayanan publik yang Prima di Jakarta melalui pembentukan Mal Pelayanan Publik," ujar Edy.

MPP Provinsi DKI Jakarta merupakan perluasan fungsi pelayanan terpadu baik pusat maupun daerah, serta pelayanan BUMN/BUMD daIam rangka memberikan pelayanan nyata bagi warga Ibukota. Untuk itu selain Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta juga terdapat beberapa unit layanan daIam MPP Provinsi DKI Jakarta, yaitu:

1. Direktorat Jenderal Pajak 
2. Direktorat Bea dan Cukai 
3. Direktorat Jenderal Imigrasi 
4. Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum 
5. Badan Koordinasi Penanaman Modal RI 
6. Kanwil BPN Provinsi DKI Jakarta 
7. Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Metro Jaya 
8. Badan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi DKIJakarta
9. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi DKI Jakarta
10. Jasa Raharja 
11.BPJS Kesehatan 
12. BPJS Ketenagakerjaan Kanwil DKI Jakarta 
13. PT PLN (persero) Distribusi Jakarta Raya 
14. Bank DKI

”DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta dan Seluruh unit layanan di MPP Provinsi DKI Jakarta tersebut siap melayani dan memberikan yang terbaik bagi warga Jakarta” ujar Edy.

Salah satu tujuan dibentuknya MPP Provinsi DKI Jakarta adaIah untuk meningkatkan daya saing gIobaI daIam memberikan kemudahan berusaha di Indonesia, untuk itu sebagai SKPD yang memiliki kedudukan sebagai unsur pelaksana urusan pemerintahan bidang penanaman modal dan penyeIenggara pelayanan perizinan dan non perizinan di DKI Jakarta, DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta bekerja tanpa Ielah guna mewujudkan Pelayanan Publik yang Prima di Jakarta, daIam rangka pemenuhan kebutuhan dan hak dasar setiap warga Negara sebagaimana amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

"Kenyamanan warga Jakarta daIam mengurus perizinan dan non perizinan merupakan salah satu aspek utama yang akan kami wujudkan daIam MPP Provinsi DKI Jakarta ini, melalui Design Ruang Pelayanan yang Modern, Hangat, Dinamis dan alami, diharapkan dapat membangun kepercayaan masyarakat atas pelayanan publik yang diIakukan Denyelenggara pelayanan publik di MPP Provinsi DKI Jakarta ini," tutur Edy. 

Ruang Pelayanan terdapat pada lantai 1, 2 dan 3, dengan fungsi ruangan sebagai berikut:

1 Lantai 1, terdiri dari : lobby dan reception, area tunggu, Counter Pelayanan, ATM, Layanan Difabel, Layanan Ekspres, Self Service Counter dan Loket Pengambilan

2. Lantai 2, terdiri dari : counter pelayanan, Ruang Prioritas, Ruang Konsultasl, Self Service Counter, Ruang Menyusui, Area bermain anak, Pojok Testimoni, dan Bank DKI

3. Lantai 3, terdiri dari Ruang Pelayanan unit-unit pelayanan dari Kementerian, Lembaga Negara, BUMN dan BUMD

"Seluruh ruangan tersebut dldukung oleh sarana darn prasarana berkualitas dan sistem Teknologi Informasi yang modern. Diharapkan dapat memberikan pelayanan yang prima bagi warga Ibukota, sehingga masyarakat dapat merasakan seperti ke mall atau pusat perbelanjaan saat mengurus sendiri lzin dan non lzin di MPP Provinsi DKl Jakarta ini. Dan pada akhirnya, kami dapat berkontribusi pada peningkatan daya saing global dalam memberikan kemudahan berusaha di lndonesia,” ujar Edy.

Lebih lanjut Edy menambahkan DPMPTSP Provinsi DKl Jakarta memiliki komitmen amanah bekerja sepenuh hati untuk memberikan pelayanan terbaik bagl warga Jakarta, kami memiliki Nilai -Nilai pelayanan yaitu SETIA, Solusi, Empati, Tegas, lnovasi dan Andal. Kelima nilai tersebut menjadi Roh Pelayanan yang kami berikan kepada masyarakat.

”Kami senantiasa menghadirkan inovasi tiada henti guna percepatan pelayanan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat. Dengan multi channel service delivery, diantaranya layanan daring melalui pelayanan.jakarta.go.id, layanan Video Call dan Call Center Tanya PTSP 1500164, serta Antar Jemput lzin Bermotor (AJIB) atau lebih dikenal dengan Pasukan Putih, kedepannya inovasi layanan tersebut akan terintegrasi dengan layanan yang disediakan pada MPP Provinsi DKl Jakarta ini.” tutur Edy.

MPP Provinsi DKI Jakarta diresmikan pada tanggal 12 Oktober 2017, dan diharapkan dapat memenuhi ekspektasi masyarakat akan pelayanan publik yang prima di Jakarta .

”MPP Provinsi DKI Jakarta diresmikan pada tanggal 12 Oktober 2017, dengan menempati gedung baru dan dengan konsep perluasan fungsi pelayanan terpadu baik pusat mapun daerah, serta pelayanan BUMN dan BUMD, diharapkan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta bersama unit layanan lainnya dl MPP Provinsi DKl Jakarta ini dapat mewujudkan Pelayanan Publik yang Prima di Jakarta,” tutup Edy.

Sebagai informasi tambahan pada hari minggu, 8 Oktober 2017 telah diadakan Gladi Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik dan pada kesempatan tersebut hadir Gubernur Provinsi DKl Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, Deputy Pelayanan Publik Kementerian PAN dan RB, Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA dan Kepala DPMPTSP Provinsi DKl Jakarta bersama dengan para penanggung jawab beserta petugas Unit Pelayanan yang ada di MPP Provinsi DKI Jakarta dengan tujuan melihat kesiapan MPP Provinsi DKI Jakarta guna mewujudkan pelayanan publik yang prima di Jakarta.

Tentang Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta merupakan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang memiliki kedudukan sebagai unsur pelaksana urusan pemerintahan bidang penanaman modal dan penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan di DKI Jakarta, memiliki 316 service point atau Unit Pelaksana yang tersebar pada Kantor Kelurahan, Kecamatan, Kota/Kabupaten Administrasi dan Balai Kota Provinsi DKl Jakarta. Dalam perjalanannya, DPMPTSP Memlliki Inovasi layanan guna memberikan kemudahan kepada Masyarakat Jakarta, diantaranya 2 Antar Jemput lzin Bermotor (AJIB), Mobil AJIB, Tanya PTSP 1500-164, Antrian Online, Tanda Tangan Elektronik, Jasa Arsitek Gratis untuk ba ngunan rumah tinggal dengan luasan dibawah 200 m2, IMB 3.0, dll.

 

lc/sumber : ines (Redaksi Sonora Jakarta )