Mendag Minta Tidak Ada Pihak yang Menahan dan Menimbun Stok Beras

Jumat,12 Januari 2018

KOMPAS.com/ PRAMDIA ARHANDO JULIANTO Penandatanganan kerja sama soal perdagangan oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dengan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Muhammad Tito Karnavian di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin (8/1/2017).

 

 

 

1. Partai Politik Harus Kerja Keras Selesaikan Verifikasi Faktual untuk Ikuti Pemilu 2019

Semua partai politik dan penyelenggara pemilu harus bekerja lebih keras menyelesaikan verifikasi faktual guna mengikuti Pemilu 2019. Langkah ini sebagai tindak lanjut dari keputusan Mahkamah Konstitusi. Akibat dari putusan Mahkamah Konstitusi kemarin, 12 parpol peserta Pemilu 2014 lalu juga harus diverifikasi oleh KPU untuk mengikuti Pemilu 2019. 

 

2. Panglima TNI Berupaya Ambil Alih Daerah Informasi Penerbangan yang Dikuasai Singapura

Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan pihaknya beserta lintas kementerian hingga kini terus berupaya mengambil alih Daerah Informasi Penerbangan (Flight Information Region) yang selama ini dikuasai Singapura Marsekal Hadi Tjahjanto menjelaskan usaha meraih FIR, yang ditujukan untuk memperkuat pengawasan kegiatan di ruang udara perbatasan Indonesia, telah dilaksanakan Kementerian Perhubungan berupa melakukan koordinasi dan lobi.

 

3. Mendag Minta Tidak Ada Pihak yang Menahan dan Menimbun Stok Beras

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita meminta kepada para pemasok, distributor hingga pedagang agar tidak menahan stok beras dan melakukan penimbunan di tengah kenaikan harga beras. Enggar menjelaskan, sesuai Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 20 Tahun 2017 tentang Pendaftaran Pelaku Usaha Distribusi Barang Kebutuhan Pokok, maka distributor dan pedagang wajib melaporkan badan usahanya, kepemilikan gudang dan stok barang mereka kepada pemerintah.