TNI-AL Serahkan Satu Ton Sabu yang Ditemukan di Kapal MV Sunrise Glory

Rabu,14 Februari 2018

Sejumlah Petugas memeriksa sejumlah karung yang ada di MV Sunrise Glory yang diduga mengangkut bahan baku sabu(KOMPAS.COM/ DOK TNI AL)

 

 

1. TNI-AL Serahkan Satu Ton Sabu yang Ditemukan di Kapal MV Sunrise Glory.

TNI Angkatan Laut telah menyerahkan 1 ton sabu yang ditemukan di kapal MV Sunrise Glory, kepada BNN Pusat. Penyerahan tersebut dilakukan oleh Komandan Lantamal, Laksamana Pertama Eko Suyatno, pada Selasa kemarin. Selain menyerahkan barang bukti, TNI AL juga menyerahkan 4 tersangka yang merupakan warga asing. Keempat tersangka sebelumnya diamankan dari kapal MV Sunrise Glory, saat patroli Lantamal Batam menangkap kapal tersebut di perairan Kepulauan Riau.

 

2. Bawaslu Tetap Dapat Melakukan Pengawasan Secara Maksimal.

Ketua Bawaslu, Abhan meyakini pihaknya tetap dapat melakukan pengawasan secara maksimal, terhadap dana kampanye semua pasangan calon dalam Pilkada 2018. Bawaslu akan mengoptimalkan audit terhadap Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye, dalam bentuk audit kepatuhan dan bukan audit materiil. Menurut Abhan, Undang-Undang Pilkada telah mengatur dengan rigid aktivitas kampanye, mulai dari metode kampanye, batasan alat peraga hingga batasan dana kampanye.

 

3. KPK Dapat Memeriksa Anggota DPR Tanpa Harus Meminta Izin.

Wakil Presiden, Jusuf Kalla menilai KPK tetap dapat memeriksa anggota DPR, tanpa terlebih dahulu meminta izin dari Presiden. Pernyataan ini merupakan respon atas Undang Undang tentang MD3, yang antara lain mengatur peran Mahkamah Kehormatan Dewan sebagai pihak yang berwenang memberi rekomendasi permintaan ijin pemeriksaan anggota DPR kepada Presiden. Menurut Jusuf Kalla, KPK memiliki undang undang sendiri, sehingga tidak perlu terhalang oleh pasal tersebut.