Mahkamah Agung Sesalkan Perbuatan Hakim PN Tangerang yang Jadi Tersangka Kasus Suap

Rabu,14 Maret 2018

KPK umumkan penetapan tersangka pasca OTT di Tangerang, Selasa (13/3/2018).(Kompas.com/Robertus Belarminus)

 

 

1.Mahkamah Agung Sesalkan Perbuatan Hakim PN Tangerang yang Jadi Tersangka Kasus Suap

Mahkamah Agung mengaku menyesalkan perbuatan hakim Pengadilan Negeri Tangerang, Wahyu Widya Nurfitri, dan panitera pengganti pada PN Tangerang, Tuti Atika. Keduanya telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK karena diduga terlibat kasus suap. Menurut Jurubicara MA, Suhadi, pihaknya sebenarnya sedang gencar melakukan reformasi peradilan. MA telah menerbitkan banyak regulasi untuk mencegah penyimpangan, namun ternyata masih ada aparatur peradilan yang melanggar regulasi tersebut.

 

2. DPR dan KPU Sepakati Lima Draft Peraturan KPU

Komisi 2 DPR dan KPU telah menyepakati lima draft Peraturan KPU sebagai landasan pelaksanaan Pemilu 2019. Tiga draft disepakati untuk segera disahkan, sementara dua PKPU tidak mengalami perubahan. Wakil Ketua Komisi II, Riza Patria mengatakan, draft yang akan segera disahkan antara lain rancangan PKPU tentang Penyusunan Daftar Pemilih dalam Pemilu dan rancangan PKPU tentang Penyusunan Daftar Pemilih Luar Negeri dalam Pemilu.

 
3. Muhammadiyah Tetapkan Awal Puasa 17 Mei 2018

Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan awal puasa atau 1 Ramadhan 1439 Hijriah jatuh pada tanggal 17 Mei 2018. Sementara untuk Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1439 Hijriah ditetapkan pada tanggal 15 Juni 2018. Menurut Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, keputusan tersebut merujuk hasil perhitungan astronomi atau hisab. Penetapan ini diharapkan menjadi panduan bagi warga Muhammadiyah untuk berbagai keperluan yang terkait.