Jangan Mainkan Harga Pangan hingga Stok Daging Aman

Kamis,17 Mei 2018

 

1. Jangan Permainkan Harga Pangan Selama Bulan Puasa
Satgas Pangan Polri memberi peringatan kepada pelaku usaha pangan di tanah air agar tidak mempermainkan harga selama bulan puasa untuk mencari keuntungan pribadi. Satgas Pangan akan mengawasi kelancaran rantai distribusi dan rantai pasokan untuk mencegah terjadinya permainan harga. Menurut Ketua Satgas Pangan Polri, Irjen Setyo Wasisto dalam konferensi pers pada 16 Mei 2018 pihaknya ingin mengulangi kesuksesan dalam menjaga stabilitas harga pada Lebaran 2017 lalu. Dalam menjalankan tugasnya menjaga kelancaran rantai distribusi pangan, Satgas Pangan Polri bekerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan seperti Perum Bulog, KPPU dan Kementrian terkait.
 
2. Stok Daging DKI Aman
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno memastikan stok daging ayam dan daging sapi akan mencukupi sepanjang bulan puasa 2018. PD. Dharma Jaya telah menyiapkan stok daging ayam sekitar 400.000 kilogram dan stok daging sapi sebanyak 200.000 kilogram. Menurut Sandiga kepada wartawan pada 16 Mei 2018, banyaknya pasokan daging tersebut diharapkan, dapat menekan potensi kenaikan harga sepanjang bulan puasa. Selain menyiapkan stok daging ayam dan daging sapi untuk pasar tradisional, Pemprov DKI Jakarta juga menyiapkan 250 ribu kilogram daging ayam dan 250 kilogram daging sapi untuk Program Pangan Murah yang ditujukan kepada kelompok masyarakat berpenghasilan rendah.
 
3, Presiden: Perkuat Narasi Tentang Jaminan Keamanan di Indonesia
Presiden Joko Widodo meminta seluruh menteri dan kepala lembaga pemerintahan agar memperkuat narasi tentang jaminan keamanan di Indonesia. Pemerintah harus dapat meyakinkan masyarakat internasional bahwa keamanan di Indonesia masih terkendali meskipun terjadi serangkaian aksi teror sepanjang minggu ketiga Mei 2018. Menurut Presiden dalam Sidang Kabinet Paripurna di Jakarta pada 16 Mei 2018, aparat penegak hukum juga harus berupaya keras menjaga stabilitas keamanan di Indonesia. Presiden Jokowi berharap, kondisi keamanan di tanah air segera dapat dikendalikan sehingga masyarakat Indonesia dapat hidup dengan tenang, dan menjalani ibadah puasa tanpa gangguan.