Kunjungan Lapangan dan Sarasehan Media 2018

Jumat,09 November 2018

 
SONORA.CO.ID - BP (British Petroleum) Indonesia dan SKK Migas menyediakan sebuah tempat pelatihan magang calon tehnisi andal untuk LNG Tangguh di Teluk Bintuni, Papua Barat.
 
Tempat magang untuk para calon tehnisi untuk proyek gas alam cair  atau LNG Tangguh ini berada di Lembah Hijau, Jalan Raya Puncak Ciloto, Jawa Barat.  
 
Papuan Technician Apprentice Program atau Program Pelatihan Tehnisi di Petro Tekno di Ciloto, Puncak, hanya merekrut siswa lulusan SMA dari daerah Papua Barat. 
 
Proses perekrutan berjalan sekitar enam bulan dan melalui seleksi ketat dari lulusan SMA di Papua Barat yang kebanyakan berada di daerah terpencil, seperti di Kabupaten Fakfak, Manokwari, dan Kabupaten Sorong.
 
Dari sekitar 1.000 lulusan SMA yang diseleksi pada 2016 lalu hanya 34 orang yang terpilih untuk mengikuti program magang calon tehnisi handal di Petro Tekno di Ciloto, Puncak.
 
Mereka mengikuti pelatihan selama tiga tahun dan tahun depan mereka akan diwisuda sebagai angkatan pertama anak-anak Papua yang akan ditempatkan di mega proyek gas alam cair LNG Tangguh di Teluk Bintuni, Papua Barat.
 
Secara keseluruhan saat ini ada 112 siswa dari Papua yang mengikuti program magang. Pada enam bulan pertama mereka mendapatkan pendidikan Bahasa Inggris karena semua materi pelajaran dan komunikasi sehari-hari di pusat magang di Ciloto ini menggunakan Bahasa Inggris, dan sebagian besar pengajarnya juga berasal dari Inggris. 
 
lc/sumber : Sidharta -Radio Sonora